Senin, 28 Juni 2010

Bersyukurlah,..


Oleh : Citra Lardiana Putri

“Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia,..”(Q.S Al-Baqarah : 164)
Saudaraku, apa hikmah yang bisa kita petik dari pergantian siang dan malam? Salah satunya adalah kehidupan ini. Kehidupan yang tidak selamanya terang, ada malam yang bakal menjelang. Dan sebaliknya, kehidupan tidak selamanya gelap, pasti ada pagi yang akan datang dengan membawa terang.
Saudaraku, kehidupan ini bagaikan roda pedati. Ada saatnya kita berada diatas, ada saatnya kita berada di bawah. Adakalanya kita mendapatkan kesenangan, dan adakalanya kita mendapatkan kesusahan dan kesulitan. Apapun keadaan yang kita lalui, tetaplah bersyukur kepada Alloh.
Saudaraku, kadang kita tidak bersyukur atas kesenangan yang kita peroleh, atau bahkan kita mengingkarinya. Padahal Alloh sudah menuliskan di Ayat-ayat cinta-Nya :
“…Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S Ibrahim : 7)
Nah lho,..dah jelas toh??? Diberikan kesenangan saja enggan bersyukur, betapa sombongnya hamba-Mu ini. Apalagi bersyukur ketika kita mendapat kesusahan. Astaghfirullah,..
Ketika hujan datang, kita mengeluh bahwa hujan akan menghambat aktivitas kita seperti biasanya. Merasa dinginlah, beceklah, maleslah dan lah lah yang lain. Alloh berfirman :
“Dan Alloh menurunkan air (hujan) dari langitdan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi yang tadinya sudah mati. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar tertdapat tanda-tanda (kebesaran Alloh) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran).” (Q.S An-Naml : 65)
Saudaraku, renungkanlah…apa pantas kita terus dan terus mengeluh???
Ingatlah, kalaulah kesusahan adalah hujan dan kesenangan adalah matahari, kita butuh keduanya untuk bisa melihat pelangi. Subhanallah,..
Padahal kita harus jadi muslim ‘n muslimah juara. Dan jadikanlah sabar dan syukur sebagai ujung tonggak kemenanganmu, mau??? Yukz,..bareng2 bersyukur dengan sepenuh hati menyakini bahwa kesenangan dan kesusahan adalah pemberian dari Alloh, dengan lisan yang mengucapkan hamdallah dan dengan amal perbuatan yang kecil tapi dilakukan dengan istiqomah.
Dah inilah yang harus kita yakini bahwa kesusahan itu pasti akan berlalu…jangan bersedih karena Alloh senantiasa bersama kita.
“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.” (Q.S Al-Insyirah : 5-6)
Dan seperti Ust. Yusuf Manyur sampaikan bahwa Senang itu biasa, susah itu juga biasa. Sebagaimana datangnya siang dan malam. Ia akan senantiasa berputar. Inilah kehidupan.
Ada sebuah untaian kata dan do’a yang menginspirasi :
“Seperti apapun hari ini, semoga Alloh mengusap lembut hatimu, menjadikanmu bagian dari orang-orang yang berjiwa tenang, yang kelak akan datang kepada Alloh dengan wajah bercahaya. Semoga hari-harimu diwarnai kasih sayang-Nya dan setiap peluh ternilai sebagai pemberat amal kebaikan. Amin,..”
Bumi Alloh, 25 Juni 2010

Citra Lardiana Putri

Tidak ada komentar: